Senin, 11 September 2017

[Review] BUMI karya Tere Liye

Judul: Bumi
Penulis: Tere Liye
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-3295-6
Tebal: 440 hlm; 20 cm
Rate: ☆☆☆☆

◆ Blurb ◆

Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahanku seru. Teman-temanku baik dan kompak.

Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yangg menakjubkan.

Namaku Raib dan aku bisa menghilang.

◆ Cuplikan singkat ◆

"... apa pun yang terlihat, boleh jadi tidak seperti yang kita lihat. Apa pun yang hilang, tidak selalu lenyap seperti yang kita duga. Ada banyak sekali jawaban dari tempat-tempat yang hilang. Kamu  akan memperoleh semua jawaban. Masa lalu, hari ini, juga masa depan." _[hal 85]

Cerita di buka dengan perkenalan Raib dan asal mula Raib mengetahui bahwa ia memiliki kekuatan menghilang. Cara menghilangnya pun unik dengan menutup wajah dengan kedua telapak tangan. Bahkan Raib merahasiakan kekuatannya dari semua orang termasuk kedua orang tuanya.

Ali-teman sekelas Raib mengetahui kekuatannya, akibat dari dia melihat sosok manusia tinggi kurus yang mampu melihatnya di kala dia menghilang. Tetapi Raib tetaplah Raib yang selalu bisa mencoba menutupi kekuatannya.

Sampai ketika sebuah kejadian yang tak terduga membuat Raib, Seli dan Ali mengetahui jatidirinya satu sama lain. Hal itu semakin rumit di kala sosok tinggi kurus dalam cermin itu datang untuk menjemput Raib. Melihat temannya akan dibawa oleh orang yang tidak dikenal Seli dan Ali mencoba melawan guna melindungi Raib. Tetapi kekuatan ketiganya tidak cukup untuk melawan orang-orang tersebut.

Kehadiran Miss Selena guru matematika yang akhirnya menolong ketiganya, walaupun tetap saja Tamus-sosok tinggi kurus itu tak mudah untuk dikalahkan.

Raib, Seli dan Ali di bawa ke sebuah tempat yang tak mereka kenal oleh sebuah buku berwarna hitan bergembok bulan. Tempat itu dimana semua benda melayang.

"Kamu bisa melakukan apa pun, Ra, karena kamu yang terbaik. Kamu pewaris Klan Bulan pertama yang dibesarkan di Dunia Tanah." _[hal 181]

Petualangan mereka tak seseru yang dibayangkan, banyak kejadian yang membuat mereka bingung tapi juga belajar dari sebuah kejadian tersebut.

◆ Karakter ◆

Raib: seorang gadis yang keras kepala dan suka gegabah walaupun terbilang berani sih.
Seli: gadis yang modis dan penakut pada awalnya.
Ali: seorang yang rasa ingin tahunya tinggi, cerdas dan selalu menyukai tantangan.

》Menggunakan sudut pandang orang pertama yaitu Raib. Serta alur maju dan penggambaran tokoh, tempat dan keadaan sangat detail membuat saya mudah terbayang saat membaca novel ini.

◆ Kesan ◆

》Saya suka dengan cover novelnya karena menjabarkan semua cerita yang ada didalamnya. Contohnya: Dua sosok kucing hitam dan putih yang merupakan hewan peliharaan Raib. Gambar rumah-rumah berbentuk balon yang menggambarkan bentuk rumah di Klan Bulan

Novel bergenre Fantasi seri pertama ini sangat rekomended untuk kalian baca, apalagi yang suka karya Tere Liye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar