Rabu, 22 November 2017

[Obrolin Buku] Matryoshka karya Ghyna Amanda


Judul: Matryoshka
Penulis: Ghyna Amanda
Penerbit: Laksana
ISBN: 978-602-407-222-3
Tahun terbit: 2017
Tebal: 268 hlm; 14 × 20 cm
Rate: ☆☆☆☆

◆ Blurb ◆

Tujuh tahun berlalu setelah Yulya meninggalkanku dan pulang ke Rusia, tiba-tiba sebuah surat sampai padaku. Ia mengundangku untuk datang ke negerinya pada tanggal tujuh Agustus, tepat pada hari ulang tahun kami. Ia akan menunggu di bawah patung The Bronze Horseman membawa sebuah balon b7erwarna merah.
.
Pada hari yang ditentukan, hey, siapa yang kutemui di sana? Seorang bocah berusia tujuh tahun? Siapa anak ini? Ia membawa banyak surat dari Yulya untukku dan aku harus mendengarkannya membaca surat setiap pagi. Yulya pikir, aku betah tinggal lama-lama dengannya? Yulya, aku datang jauh-jauh untuk bertemu denganmu. Di mana kau? Jangan biarkan aku dan anak kecil ini gila karenamu.

◆ Review ◆

"Surely, forever and ever, I will be a mad matryoshka covered in patches" _(Matryoshka - Vocaloid) __[hal 254]

Matryoshka, sebuah novel yang menyuguhkan konflik baru bagi saya sendiri. Menceritakan sosok Yulya seorang mahasiswa asal Rusia yang mempunyai seorang pacar dari Indonesia yaitu Virgo. Di novel ini bukan hanya menceritakan kisah cinta mereka berdua, tetapi juga tentang apa itu kehilangan yang dirasakan oleh Virgo. Rasa itulah yang membawanya bertemu dengan Yulenka gadis kaku seperti robot berusia tujuh tahun sekaligus sosok yang kenal dekat dengan Yulya. Yulenka sendiri berperan untuk mendampingi Virgo selama di Rusia dan pembaca surat-surat yang telah disiapkan Yulya untuk ritual pagi sekaligus sebagai jadwal bagi Virgo selama di Rusia.

Nah waktu membacanya saya ikut terbawa suasana ketika gimana frustasinya Virgo. Di sisi lain juga saya acungi jempol untuk pengorbanan Virgo.

Di novel ini kita di ajak bernostalgia dengan alat komunikasi surat menyurat yang mungkin jaman sekarang banyak orang yang sudah beralih ke alat komunikasi elektronik. Apalagi surat menjadi elemen penting di ceritanya dan menjadi twist tersendiri bagi saya pribadi. Serta kita di ajak untuk mengetahui tempat-tempat yang menjadi destinasi wisata di Rusia. Duh jadi pingin kesana.

Dan saya acungi jempol untuk penulis yang sudah bekerja keras untuk menggambarkan setiap detail di cerita ini dan eksekusinya yang oke punya. Oh iya, saya sempat baca penulis memperoleh referensi dari buku dan temannya yang sudah bertandang ke Rusia.

Untuk yang penasaran apa sih Matryoshka itu? Nah matryoshka itu nama dari sebuah boneka yang menurutku bentuknya oval seperti telur yang memiliki anak dari yang terbesar sampe yang terkecil. Jadi dari induknya/ibunya di dalamnya ada anak pertama, anak pertama ada kedua dan sampai seterusnya. Matryoshka sendiri memiliki filosofi ibu yang melindungi anaknya. Duh keren kan ya? Wkwkkk.

Overall aku suka sama novel ini dan nggak buat kalian nyesel deh kalau beli wkwkkwk. See you♥♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar