Selasa, 23 Januari 2018

[Obrolin Buku] Visible Secret by Adrianna Adella

Judul: Visible Secret
Penulis: Adrianna Adella
Penerbit: Penerbit Clover-M&C
Tahun terbit: 2017
Tebal: 301 hlm
Rate: ☆☆☆☆

Blurb

Namaku Reina Prameswari, penyiar tunggal untuk radio sekolah yang beken karena siaran Penyampai Pesan Cinta.

Uhm, aku menyebut diriku sedikit pemalu. Namun, teman-teman bilang aku introvert. Aku memang menjauhkan diri dari pergaulan karena punya masa lalu kelam. Beruntung, aku punya seorang sahabat bernama Arjuna yang setia menemaniku setiap saat. Tapi ssttt... ia tidak tahu rahasia masa laluku.

Namun, kemudian hidupku kacau karena seseorang. Namanya Dewanta Adyatama, murid populer yang sering kali menjadi objek dalam pesan cinta yang kubacakan saat siaran.

Gara-gara Dewa, rahasia yang kusimpan rapat-rapat tersiar dan terdengar oleh seluruh penghuni sekolah...

Cerita singkat

Reina seorang siswi SMA Tunas Bangsa, sekaligus penyiar radio tunggal bahkan satu-satunya di SMA Tunas Bangsa. Reina senang dengan rutinitasnya sebagai penyiar, walaupun dia harus merelakan jam istirahatnya. Alasannya simple, Reina bisa sendirian dan bisa melakukan apa pun yang dia suka tanpa bisa dilihat siapa pun. Karena memang Reina tipe orang yang pendiam. Buktinya Reina hanya memiliki satu teman sekaligus sahabat yaitu Arjuna.

Konsep yang diusung Reina seru nih, penyampaian pesan cinta, nggak kebayang riwehnya kayak gimana setelah Reina membacakan pesan tersebut. Nah salah satunya Dewanta Adyatama seorang siswa yang sering kali mendapat pesan cinta dari siswi-siswi SMA Tunas Bangsa. Bahkan ada yang memakai nama samaran loh, duh penasaran dengan reaksi Dewa kayak gimana? Nah sosok Dewanta jugalah yang membuat Reina penasaran loh..

Selain rutinitas Reina sebagai penyiar radio, dia juga bertanggung jawab mengurus mading (majalah dinding) loh. Katanya mading menjadi alasan Reina untuk pulang sore bahkan malam. Kenapa nih kok Reina nggak mau pulang cepet? Dan gimana sosok Dewanta menurut Reina?

Review/Ulasan

"Tapi setelah itu gue sadar kalau untuk menyukai seseorang, lo nggak harus menyukai apa yang dia suka. Gue hanya perlu mengerti," _[hal 287]

Menceritakan tentang Reina seorang gadis pemalu, pendiam dan sulit untuk bersosialisasi akibat asal usulnya dan masa lalunya yang menjadikannya enggan untuk terlihat.

Menggunakan sudut pandang Reina yang menjadikan kisah di dalam novel ini unik karena Reina selalu saja menjadikan sebuah barang untuk menemaninya berdebat ataupun berkomunikasi pada saat awal pergantian bab. Apalagi Reina disini diceritakan sebagai gadis yang mandiri, kuat dan sedikit misterius.

Tema yang diangkat juga menurutku menarik tentang penyampaian pesan cinta melalui radio sekolah. Apalagi di era serba apa-apa telepon genggam. Duh berasa kangen dengerin radio.

"Jangan pernah berubah. Kamu harus tetap menjadi kamu," _[hal 288]

Dewa dan Jun dua sosok laki-laki yang berperan penting di dalam cerita ini. Persahabatan antara Jun dan Reina yang kental dan erat membuat saya iri dengan mereka. Sedangkan perdebatan Dewa dan Reina yang sering kali lucu di mata saya.

Untuk kekurangan menurut saya pribadi pada konflik yang kurang greget wkwkkk. Dan masih kujumpai ada typo.

Overall suka, karena memang dalam novel ini, kesan kisah cinta anak remajanya nggak menye-menye dan juga pada kegiatan ekstrakulikulernya sangat ditonjolkan. Oh iya amanat yang bisa saya petik: Masalah ada, hanya untuk dihadapi bukan untuk dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar